Sudah Tidak Lucu Lagi




Ada saatnya kita berhenti sejenak. Kemudian memikirkan hidup kita. Karena boleh jadi, hidup kita itu sudah tidak lucu lagi. Semua drama, semua kemalasan, semua keluh-kesah, semua waktu sia-sia, semua aktivitas yang mubazir, jangan-jangan, semuanya memang sudah tidak lucu lagi. Toh, hidup kita hanya disitu-situ saja.

Siang-malam, pagi-petang, 24 jam dalam sehari. Kemudian hari menjadi minggu. Bulan tersusun dari minggu-minggu, pun tahun dianyam dari bulan, tahun berganti tanpa terasa. Mungkin saatnya kita berhenti sebentar. Berdiri, menoleh ke belakang, ngapain saja sih saya selama ini. Jangan-jangan, saya ini cuma ngikut saja siklus waktu, begitu-begitu doang, tidak pernah ada keinginan memulai mimpi-mimpi besar, cita2 terbaik.

Saya tahu, hidup ini memang tidak mudah seperti ngupil. Nyari pekerjaan susah, menganggur tak bosan-bosannya. Mau sekolah, nyari sekolah bagus juga susah, mana serba mahal SPPnya, jadilah seadanya, yang penting sekolah. Bakat tidak punya, modal cuma dengkul, mau ngapain lagi? Begini saja sudah oke. Tapi hei, aduh, kita mau menghabiskan waktu hanya begitu? Karena kita tidak akan pernah spesial, kalau kita sendiri tidak pernah merasa spesial, dan mulai melakukan sesuatu secara spesial.

Jangan-jangan, kita sendirilah yang menjadi musuh terbesar dalam hidup ini. Alasan-alasan, ngeles, bersilat lidah, kita sendiri yang memang mau berkutat dengan masalah yang sama. Kita sendiri yang tidak mau beranjak maju. Karena kita pengecut nomor satu, untuk kemudian asyik menyalahkan orang lain, situasi, sistem, apa saja yang bisa disalahkan.

Mungkin saatnya kita berhenti sejenak dengan serius. Menoleh ke belakang, lihat terbentang panjang hari yang telah kita lalui, atau silahkan buka akun media sosial kita (karena itu bentuk tertulis yang gampang ditelusuri), terbentang panjang kelakuan kita di sana, postingan status, foto, keluh-kesah, prestasi, capaian2, perhatikan satu tahun, dua tahun, atau bertahun-tahun berlalu, boleh jadi, hidup kita itu memang sudah tidak lucu lagi.

Bergegaslah mengubahnya menjadi lebih baik.

Sumber: https://www.facebook.com/notes/tere-liye/sudah-tidak-lucu-lagi/1072729559444278

Postingan terkait: