Apa Perbedaan Windows Versi Preview, RTM, OEM, Dan Retail ?

http://ane-aldi.blogspot.com/2013/10/apa-perbedaan-windows-versi-preview-rtm.html
Dalam merilis sebuah sistem operasi khusunya keluaran dari perusahaan Microsoft Windows, ada beberapa uji tahapan yang harus dilalui untuk sebuah sistem operasi yang akan di hadirkan dihadapan public, untuk menjamin tidak adanya Bug maupun celah kemanan yang memungkinkan para peretas akan mudah untuk melakukan hal hal yang tidak di diinginkan oleh pengguna sistem operasi ini. inilah beberapa tahapan atau uji coba yang dilakukan oleh perusahaan Microsoft untuk menemukan titik terbaiknya.


1. Release Preview

Preview sama artinya dengan Beta. Jadi Windows Preview sama artinya dengan Windows Beta, yaitu Windows yang masih dalam fase development dan sengaja dirilis agar publik bisa mencoba OS tersebut. Windows Preview seringkali masih memiliki banyak bug dan belum maksimal secara fungsional.

2. RTM

"Release to Manufacturing". Windows 8 RTM adalah edisi Windows yang sudah tidak lagi berada di fase development, tetapi belum dirilis ke publik. Windows RTM diberikan Microsoft kepada partner misalnya Dell, Acer, Samsung, dsb beberapa bulan lebih awal sehingga mereka bisa melakukan testing dan mempersiapkannya sebelum menjual PC tersebut ke publik.

3. OEM

"Original Equipment Manufacturing". Windows OEM adalah versi Windows yang preinstalled (built-in) dengan komputer / laptop. Jadi jika km membeli PC yang built-in Windows, maka Windows kamu adalah Windows OEM.

4. Retail / Final

Inilah versi final Windows yang sudah dirilis ke publik. Versi ini sama dengan OEM, hanya saja tidak dibundle dengan komputer / laptop melainkan dijual di box tersendiri. Windows Retail biasanya dijual dengan harga yang lebih mahal.



Postingan terkait: